Samsung dan Huawei Berdamai, Setelah Sekian Lama Perang Dagang

By | May 23, 2019

Samsung dan Huawei dikenal adalah produk teknologi ternama yang sangat besar di kalangan internasional. Namun setelah bertahun tahun samsung dan huawei saling mengklaim hak paten mereka, akhirnya mereka memutuskan berdamai.

Belakangan ini kedua vendor yang ada di papan atas disebut lebih memilih jalan yang lebih damai dan lebih fokus ke dalam permintaan pasar yang ada. Hasil mediasi ini dilakukan di pengadilan tinggi Guandong, China.

Ketentuan dari penyelesaian ini tidak dipublikasikan, namun kedua vendor tersebut melakukan kesepakatan lisensi silang untuk hak paten mereka beserta mereka diharuskan untuk saling menarik kembali gugatan mereka.

Hal yang menjadi alasan utama mereka berdamai adalah semakin merosotnya pemasaran dari tahun ke tahun yang telah di riset berdasarkan yang ada di pasar. Hingga saat ini Samsung masih merupakan pasar smartphone global dengan market share yang ada pada 23,1 persen yang di susul oleh Huawei yang berada pada 19 persen, dan Apple 11,7 persen.

Pada saat itu Huawei menggugat samsung di pengadilan China-AS dengan tuduhan telah menjiplak teknologi 4G Nirkabel yang diluncurkan oleh Huawei lebih awal dan beberapa teknologi lainnya.

Namun karena Samsung tidak terima dengan gugatan tersebut, Pihak samsung pun membalas gugatan tersebut dengan alasan yang sama. Kedua perusahaan tersebut telah mengajukan lebih dari 40 tuntutan hingga saat ini. Huawei juga bukan satu satunya musuh dari “Samsung”. beberapa dekade terakhir Samsung juga pernah bersiteruk dengan Apple selama tujuh tahun namun sudah berakhir pada 2018 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *